Skip to main content

Beningnya Usaha Es Batu Crystal

Es batu sebenarnya hanyalah air yang didinginkan hingga di bawah nol derajat celicus, sehingga air menjadi beku dan menjadi es. Es batu bisa ada secara alami maupun buatan. Meskipun namanya adalah es batu, akan tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Dalam bahasa inggris pun keduanya hanya dipisahkan oleh kata “dry”, satu disebut ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya mempunyai kemiripan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dari H2O atau air biasa yang dibekukan. Sedangkan es kering atau dry ice merupakan CO2 atau karbondioksida yang dipadatkan.

Dengan adanya teknologi freezer, penciptaan es batu di waktu sekarang ini sangatlah mudah. Kita tinggal hanya menaruh air di freezer dan membiarkannya beku. Freezer pun sekarang bermacam-macam, mulai dari yang kecil untuk keperluan pribadi, hingga freezer yang berukuran besar untuk kebutuhan industri.

Keperluan Pribadi dan Industri akan Es Batu
Es batu sekarang ini sudah hampir menjadi keperluan primer. Baik keperluan bagi individu maupun pasar. Bagi pribadi, es batu diperlukan untuk mendinginkan makanan atau membuat minuman. Sedangkan bagi industri atau pasar, es batu dipakai untuk membuat produk atau mengawetkan produk. Misalnya seperti sekedar sebagai bahan pendingin dari minuman es sampai menjadi pengawet dari ikan-ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Peluang Usaha Es Batu Crystal
Bisa jadi tak banyak yang mengetahui, bahwa ternyata lumayan banyak kebutuhan es batu di pasar. Memang, kalau cuma melihat usaha “jual es batu” rumahan yang biasanya ada di rumah-rumah atau pinggir jalan, tidak terlihat bila usaha tersebut lumayan menguntungkan. Akan tetapi yang patut kita butuh untuk ketahui adalah usaha es batu tidak cuma terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Cara Membuat Usaha Es Tebu Susu yang Manis dan Menyegarkan
Di rumah makan atau restoran misalnya kita ambil contoh. Rumah makan memerlukan es batu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain itu restoran juga menggunakan es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti misalkan Ikan. Yang mana tujuan ikan tersebut didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tetap segar.

Selain rumah makan kita dapat ambil contoh di industri perikanan. Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan sebaiknya tetap segar sampai terjual kepada konsumen agar terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan berkurang atau hilang karena suhu. Sehingga Ikan harus dijaga supaya tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan tersebut adalah dengan memasukannya dalam box atau wadah tertutup yang memiliki suhu dingin. Dan cara untuk mendinginkan suhu dalam wadah atau box tersebut adalah dengan cara memberinya es batu.

Oleh karena itu keperluan pasar akan es batu tidak bisa dibilang kecil. Sehingga harus ada yang mengisi kebutuhan sekaligus peluang usaha es batu crystal ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa memproduksi sekitar 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es itu ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga itu ia bisa mendapat profit sampai 50%.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga melakukan usaha es batu kristal. Beliau memproduksi 4 ton es batu kristal setiap hari. Es batu itu dia jual dengan harga 1200 per kg-nya. Dari penjualan tersebut dia meraup keuntungan hingga 20%.

Ahmad berkata bahwa pengguna es batu kristal tidak cuma terbatas di restoran dan rumah makan saja. Pemesanan es batu dapat datang dari pengadaan event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event seperti Java Jazz dapat membutuhkan es batu hingga 10 ton per hari.

Di dua contoh keberhasilan usaha es batu crystal di atas yang kami dapatkan dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwa usaha es batu memiliki peluang keuntungan yang tidak kecil.

Baca juga  Contoh Bisnis Waralaba Minuman
Cara Memulai Usaha Es Batu Crystal
Tempat
Modal yang pertama harus kita siapkan adalah modal tempat. Meskipun produk es batu ini tidak terlalu besar, tetapi bila kita sudah bermain di tingkat “ton-ton-an” pasti harus mempunyai tempat yang luasnya memadai. Bahkan selain bangunan yang memadai, kita juga memerlukan bangunan yang bersih dan terjaga suhunya. Tentu kalau tempat tidak bersih bisa memunculkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas akan membuat es tak tahan lama.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-es-batu-crystal/
https://ramesia.com/

Bisnis Sayuran Siap Masak


Sayuran merupakan kebutuhan pokok untuk mendukung kelangsungan hidup setiap keluarga. Sayuran biasa dipakai untuk bahan masakan dalam setiap harinya. Sayuran memang sudah menjadi makanan pokok untuk masyarakat di Indonesia dan permintaan pasar akan sayuran sangat tinggi setiap harinya.

Sayuran memiliki banyak jenis dan sangat nikmat bila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayuran memiliki kandungan gizi yang banyak dan pastinya baik untuk tubuh. Alasan inilah yang menjadikan permintaan akan sayuran terus meningkat.

Tentunya Anda sudah bisa melihat apabila bisnis sayuran siap masak ini sangat bagus untuk dieksekusi, melihat tingginya permintaan sayur mayur. Peluang Bisnis sayur mayur siap masak ini juga bisa dijadikan bisnis sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam memulainya.

Jika rumah Anda jauh dari pasar tradisional dan adanya banyak ibu rumah tangga yang malas belanja ke pasar, ini bisa menjadi peluang bagus untuk menjalankan bisnis sayuran siap masak. Anda bisa menyuplai kebutuhan ibu-ibu akan sayuran segar.

Ketika Anda menjalankan usaha sayuran ini, Anda bisa memilih cara penjualan, Anda bisa menjualnya di halaman rumah jika Anda memang memiliki lahan atau teras yang luas serta strategis, Anda bisa menjual sayur mayur dengan cara keliling, atau membuka toko sayur mayur di pinggiran jalan. Cara penjualan sayur mayur tersebut bisa dipilih sesuai dengan keadaan atau potensi yang ingin Anda coba.

Apabila Anda mempunyai niat yang tinggi untuk menjalankan usaha sayur mayur, maka kembangkan bisnis jualan sayuran ini dengan mempersiapkan modal yang memang dibutuhkan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sayur mayur siap masak ini tidaklah begitu besar.

Untuk mendapatkan sayur mayur yang segar sebaiknya Anda membeli sayur mayur ke pasar pusat lebih awal. Selanjutnya Anda bisa membuka kedai sayuran di depan rumah dengan lebih awal, sebab banyak ibu-ibu yang biasa berkeliaran mau membeli sayuran segar untuk dibuat masakan.

Supaya dalam memulai bisnis sayur mayur siap masak ini bisa berlangsung dengan baik maka Anda harus melakukan cara agar bisnis sayur mayur Anda bisa laku dan bisa bertahan lebih lama, simak beberapa nasehat berikut ini :

Sediakan lapak usaha yang cukup luas supaya Anda bisa menjajakan beragam jenis sayur mayur dan mengemasnya dengan rapi supaya memudahkan para konsumen memilih sayuran yang diinginkan. Sebaiknya Anda menjual sayur mayur yang lengkap dan berkualitas.

Sebaiknya Anda membeli sayur mayur dalam jumlah banyak sekaligus agar harga belinya lebih terjangkau Anda dapat membeli sayur mayur dengan jumlah yang banyak untuk jenis sayur mayur yang tahan lama agar mendapatkan harga beli yang lebih murah.

Comments

Popular posts from this blog

Cara-cara Membuat Roti untuk Hotdog

1. Memodifikasi Produk untuk Memperbesar Peluang Bisnis Hotdog Untuk mengembangkan usaha hotdog Anda, salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan adalah memodifikasi barang dagangan atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Yang harus diingat, memodifikasi barang dagangan yang telah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan barang dagangan atau jasa baru yang memakan waktu lebih lama untuk penelitian dan testing pasar. Sekarang coba dilihat, di dalam peluang bisnis hotdog yang Anda kerjakan siapa saja pesaingnya dan apa saja fitur-fitur maupun kelebihan serta kekurangan produk dan jasa layanan kompetitor tersebut. Lalu gali juga info-info terbaru yang ada sekarang ini, seperti trend warna, rasa, dan lain-lain. Hasil dari riset-riset tersebut dapat memicu munculnya ide yang segar untuk memodifikasi produk yang unik, sesuai dengan selera market dan mengikuti trend. Peluang usaha hotdog saat ini banyak dilirik masyarakat, saatnya Anda memberikan yang paling baik untuk usaha

Potensi Bisnis Kebab Franchise di Indonesia

Kebab adalah nama makanan atau camilan untuk jenis daging yang ditusuk lalu dipanggang atau dibakar. Hidangan jenis ini berasal dari negara Timur Tengah, yakni dari Turki. Makanan Timur Tengah ini sesungguhnya sudah akrab di lidah masyarakat kita yang pada umumnya banyak yang menyukai makanan ini. Makanan jenis ini sangat populer dengan makanan fast food yang mempunyai kandungan gizi yang bagus sehingga ketika memakannya menciptakan rasa kenyang dan aman. Walau bisa dibilang sebagai jenis makanan fast food, namun kebab tidak menghasilkan kolesterol yang sangat tinggi karena cara pengolahannya tidak digoreng melainkan dengan cara dipanggang. Kepopuleran kebab didukung dengan cara memakan kebab yang tidak sulit dan sangat nikmat dimakan ketika kapanpun dan di manapun. Mungkin bagi sebagian masyarakat yang belum pernah mencoba memakan daging kebab akan penasaran seperti apa rasa dari panganan kebab ini. Hal inilah yang banyak menimbulkan minat masyarakat yang tinggi serta rasa penasar