Skip to main content

Tips Bagaimana Memulai Bisnis Restoran dari Kecil

Membuka usaha pastinya harus sesuai dengan minat Anda. Dengan memiliki bisnis yang Anda sukai maka Anda akan merasa senang dalam menjalankannya, sehingga membuat Anda menjadi tidak terlalu berat, mengapa? karena usaha yang Anda jalani adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan.

Apabila Anda memiliki kegemaran dalam dunia memasak, maka hal tersebut bisa saja Anda kembangkan menjadi kegemaran yang menghasilkan beberapa penghasilan. Entah itu penghasilan kecil yang bisa membantu perekonomian Anda dalam bentuk kebutuhan utama atau bahkan dengan penghasilan yang besar yang bisa mencukupi segala kebutuhan sekunder semisal, sepeda motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu usaha yang dapat memanfaatkan hobi Anda ialah membuka bisnis restoran atau rumah makan.

Bisnis restoran atau rumah makan memang menguntungkan dan sangat menjanjikan, karena setiap orang tentu membutuhkan makanan kan? jadi bisa Anda bayangkan sendiri jika makanan yang Anda buat di sukai oleh pelanggan Anda.

Tantangan dalam usaha restoran atau rumah makan adalah bagaimana caranya masakan yang Anda tawarkan bisa laku dan disukai oleh pembeli. Nah, disinilah Anda wajib memutar otak untuk membuat inovasi dan juga memerlukan kreatifitas yang tinggi supaya usaha restoran atau rumah makan yang Anda jalankan menjadi salah satu restoran yang terunik dan yang paling terkenal di kota Anda.

Saat ini banyak restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, dari yang skala kecil hingga yang langsung berskala besar. Banyak restoran yang dibuka di daerah tertentu hingga meraih kesuksesan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya. Ada juga restoran yang sukses dan berkembang yang didirikan oleh para artis atau tokoh ternama di Indonesia, contohnya seperti restoran Vidi Aldiano.

Usaha restoran pun bisa meraih kesuksesan karena menu yang ditawarkan sesuai dengan target pembelinya, yaitu orang yang menyukai menu makanan tersebut, seperti restoran sea food.

Usaha restoran atau rumah makan, kini terasa semakin berkembang pesat dalam dunia perdagangan. Setiap manusia butuh makan, jadi tak heran, jika usaha restoran atau rumah makan selalu tak ada matinya. Sebab untuk mencukupi keperluan pokok setiap orang.

Baca juga  Analisis Peluang Bisnis Keripik Bawang di Indonesia
Tetapi, untuk memulai dan mengelola restoran juga tidak boleh asal-asalan karena bisa-bisa akan gulung tikar di tengah jalan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam bisnis restoran.

1. Menu Masakan
Menu masakan adalah salah satu yang hal terpenting dalam suatu bisnis restoran, sebab menu ini yang akan menentukan segalanya. Jadi jika Anda mau membuka sebuah bisnis restoran, maka alangkah lebih baik Anda pikirkan menu masakan apa yang sekiranya paling laris dan populer di daerah Anda. Anda juga bisa memilih menu masakan yang tak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku dapat didapatkan dengan bekerja sama dengan supplier sayur-mayur dan sembako atau bisa langsung berbelanja di pasar tradisional ataupun modern. Anda perlu memastikan kualitasnya baik karena akan memberi pengaruh pada rasa makanan.

3. Survey Pasar
Untuk bisa mengetahui keperluan pembeli, survey pasar perlu dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, kompetitor terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai gambaran dan perbandingan untuk merencanakan model usaha Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran pun harus mempunyai sebuah ciri khas agar sang pembeli tidak kesulitan untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda dapat memakai nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda tawarkan.

5. Lokasi Restoran
Lokasi merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan suatu bisnis restoran. Jadi bila Anda mau menjalankan sebuah usaha restoran sebaiknya Anda pikirkan lokasi yang bagus dan strategis untuk usaha Anda. Yang jelas pilih saja lokasi yang ramai pembeli. Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka besar kemungkinan restoran Anda juga akan ramai.

6. Pelayanan
Pelayanan juga merupakan salah satu faktor paling penting dalam keberhasilan suatu usaha restoran, karena percuma saja jika pembeli ramai tapi pelayanan yang Anda berikan tidak memuaskan. Hal ini akan bisa menyebabkan restoran Anda tidak laku dan akhirnya gulung tikar.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-restoran-kecil/

Yuk Memulai Bisnis Daging Kelinci

Dalam bidang perekonomian, bisnis mempunyai ciri-ciri yakni sebagai berikut:

1. Mempunyai institusi kemasyarakat dan ekonomi.
2. Berhubungan erat dengan bermacam-macam barang atau jasa yang mencakup keperluan manusia.
3. Mencari laba
4. Menentukan harga yang sesuai.
5. Akan ada kemungkinan mengalami defisit.

Ada beberapa ahli yang menyampaikan pendapatanya tentang bisnis, diantaranya adalah:

Hooper dan Musselman
Bisnis merupakan segala dari aktifitas yang diorganisir oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri serta perniagaan yang menyediakan barang dan jasa agar terpenuhi suatu keinginan dalam perbaikan kualitas hidup.

Owen
Bisnis yaitu suatu perusahaan yang berkaitan erat dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.

Hunt dan Urwick
Bisnis merupakan suatu bentuk dari kegiatan yang terutama bertujuan dalam memperoleh laba bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya aktifitas tersebut.

Dari keempat ahli ekonom diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian bisnis adalah segala aktifitas atau bentuk aktifitas perdagangan barang dan jasa yang bertujuan untuk mencari atau meraup keuntungan kepada pihak yang berusaha secara terus menerus masih memberikan profit.

Baik, setelah memahami pengertian bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah waktunya untuk membahas konsep bisnis yang memiliki masa depan bagus.

Pada dasarnya ada ratusan ide bisnis yang mempunyai masa depan cerah bila dilakukan di Indonesia, apalagi bisnis daging frozen.

Bila kita melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang bisnis daging kelinci yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis yang menyukai bisnis daging. Masyarakat Indonesia terkenal konsumtif dibandingkan negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan daging olahan.

Dan Indonesia terkenal dengan beragam olahan daging yang beraneka macam dari penjuru , mulai dari daging kelinci hingga daging sapi.

Baca juga  Melirik Peluang Usaha Susu Kedelai Asam Urat yang Menyehatkan
Perlu dimengerti peluang bisnis daging kelinci giling sangat luar biasa. Hal ini bisa kita mengerti dari permintaan pasar modern dan pasar tradisional yang senantiasa meningkat setiap periodenya. Terlebih pada hari-hari cuti maupun hari besar.

Oleh karena itu sangat disayangkan jika kita tidak mengambil potensi besar ini. Jika kita tidak memiliki modal gede, cukup menjadi reseller saja. Kita bisa ambil daging dari pebisnis atau pemiliki daging. Semua upaya bisa dioptimalkan apabila kita mau untuk bersabar dan tidak pantang menyerah.

memulai bisnis olahan daging adalah sebagai berikut:

1. Memahami Target Market
Target pasar terbagi dua yaitu

a. Konsumen Langsung
Konsumen langsung yaitu para pembeli olahan daging yang peruntukannya memang untuk keperluan sendiri atau lebih jelasnya daging giling tersebut dijual kembali ke pembeli yang pertama.

Jenis konsumen langsung dalam bisnis daging antara lain: orang yang hendak aqiqah, orang yang ingin berkurban dan orang yang mau melakukan selamatan maupun pesta acara tertentu.

b. Konsumen Pedagang
Konsumen pedagang dalam bisnis daging yaitu pembeli daging frozen di tempat Anda yang untuk dijual kembali. Baik dalam bentuk daging utuh maupun sebagai juamuan masakan.

2. Menentukan Bobot dan Daya Saing Harga
Dalam usaha apapun, baik barang maupun jasa. Faktor kualitas yang optimal serta harga yang kompetitif adalah syarat mutlak. Agar bisnis yang Anda ikuti bisa berumur panjang dan terus diterima oleh pasar.

3. Lokasi Bisnis
Pilihlah lokasi usaha yang banyak pengunjungnya atau tempat yang dilewati banyak orang. Saat menentukan tempat bisnis juga penting untuk memperkirakan modal yang nantinya akan dikeluarkan.

Comments

Popular posts from this blog

Beningnya Usaha Es Batu Crystal

Es batu sebenarnya hanyalah air yang didinginkan hingga di bawah nol derajat celicus, sehingga air menjadi beku dan menjadi es. Es batu bisa ada secara alami maupun buatan. Meskipun namanya adalah es batu, akan tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu. Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Dalam bahasa inggris pun keduanya hanya dipisahkan oleh kata “dry”, satu disebut ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya mempunyai kemiripan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dari H2O atau air biasa yang dibekukan. Sedangkan es kering atau dry ice merupakan CO2 atau karbondioksida yang dipadatkan. Dengan adanya teknologi freezer, penciptaan es batu di waktu sekarang ini sangatlah mudah. Kita tinggal hanya menaruh air di freezer dan membiarkannya beku. Freezer pun sekarang bermacam-macam, mulai dari yang kecil untuk keperluan pribadi, hingga freezer yang berukuran besar untuk kebutuhan industri. Keperluan Pribadi dan Industri akan Es Ba

Cara-cara Membuat Roti untuk Hotdog

1. Memodifikasi Produk untuk Memperbesar Peluang Bisnis Hotdog Untuk mengembangkan usaha hotdog Anda, salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan adalah memodifikasi barang dagangan atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Yang harus diingat, memodifikasi barang dagangan yang telah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan barang dagangan atau jasa baru yang memakan waktu lebih lama untuk penelitian dan testing pasar. Sekarang coba dilihat, di dalam peluang bisnis hotdog yang Anda kerjakan siapa saja pesaingnya dan apa saja fitur-fitur maupun kelebihan serta kekurangan produk dan jasa layanan kompetitor tersebut. Lalu gali juga info-info terbaru yang ada sekarang ini, seperti trend warna, rasa, dan lain-lain. Hasil dari riset-riset tersebut dapat memicu munculnya ide yang segar untuk memodifikasi produk yang unik, sesuai dengan selera market dan mengikuti trend. Peluang usaha hotdog saat ini banyak dilirik masyarakat, saatnya Anda memberikan yang paling baik untuk usaha

Potensi Bisnis Kebab Franchise di Indonesia

Kebab adalah nama makanan atau camilan untuk jenis daging yang ditusuk lalu dipanggang atau dibakar. Hidangan jenis ini berasal dari negara Timur Tengah, yakni dari Turki. Makanan Timur Tengah ini sesungguhnya sudah akrab di lidah masyarakat kita yang pada umumnya banyak yang menyukai makanan ini. Makanan jenis ini sangat populer dengan makanan fast food yang mempunyai kandungan gizi yang bagus sehingga ketika memakannya menciptakan rasa kenyang dan aman. Walau bisa dibilang sebagai jenis makanan fast food, namun kebab tidak menghasilkan kolesterol yang sangat tinggi karena cara pengolahannya tidak digoreng melainkan dengan cara dipanggang. Kepopuleran kebab didukung dengan cara memakan kebab yang tidak sulit dan sangat nikmat dimakan ketika kapanpun dan di manapun. Mungkin bagi sebagian masyarakat yang belum pernah mencoba memakan daging kebab akan penasaran seperti apa rasa dari panganan kebab ini. Hal inilah yang banyak menimbulkan minat masyarakat yang tinggi serta rasa penasar